Friday, February 3, 2012

Pilah-Pilih Catering

Tips memilih catering ala gw :

1. Pastiin dulu kisaran budgetnya.
Jangan terlalu memaksakan untuk menggelar pesta pernikahan yang mewah karena sesungguhnya kehidupan pernikahan justru baru dimulai ketika pestaya usai.

 2. Pastiin juga gedung yang mau digunakan.
Saran gw sih booking gedungnya sendiri aja, jangan lewat orang catering jadi kalau ada apa-apa urusannya lebih gampang, ga perlu pihak perantara. Oiya, biarpun cateringnya sama tapi harganya bisa berbeda ketika gedung yang digunakan juga beda.

3. Minta list catering yang rekanan dengan gedung yang mau dipake.
Biarpun beberapa gedung bisa menggunakan catering yang non rekanan tapi gw sarankan ambil yang rekanan aja jadi lebih murah chargenya. Coba cari review masing-masing catering di forum atau blog, kalau review-nya bener-bener jelek, langsung coret aja dari list. Cari review sebanyak-banyaknya yah.

4. Hubungin catering rekanan yang banyak direkomendasiin orang-orang di forum atau blog.
Minta proposal penawaran mereka di gedung yang mau dipake. Cocokin deh tuh ama budget kita. Kalau over budget banget, mending langsung dicoret aja. Tapi juga jangan langsung tergiur dengan penawaran yang super miring, jangan-jangan service mereka miring juga lagi.

5. Test food dan lihat penampilan mereka langsung.
Naahhh, buat gw ini yang paling susah dan melelahkan. Kita kudu perhatiin setiap detail makanananya, dekornya, make upnya, pengaturan makanannya, kebersihannya, dll. Ada beberapa orang yang testfood dulu baru minta proposal penawarannya tapi buat gw pribadi sih, buat apa cape-cape test food kalau ternyata harga penawaranya out of budget. Nanti malah kepikiran dan selalu banding-bandingin catering lain yang sebenernya berbeda kelas dengan catering mahal itu.

Sebenernya pilah pilih catering gini PR banget buat gw berhubung gw bukan kritikus makanan. Selama masakannya ga keras, ga hambar, rasa pedes/manis/asinnya ga lebay sih gw ga masalah. Kebersihan, ketepatan waktu, pengaturan makanan juga akan gw perhatiin. Bismillahirahmanirahim, semoga selalu diberi kemudahan & kelancaran sampai hari H nanti, aamiin :)

Note : Harus selalu diingat bahwa selera masing-masing orang berbeda, kita ga mungkin bisa memuaskan lidah seluruh tamu kan. 


-Hugs-

1 comment:

  1. iya bener mbak, selera setiap tamu berbeda, jadi suguhkan saja semampunya tidak perlu memaksakan diri

    Sukabumi|| Solo ||Malang ||Pacitan

    ReplyDelete