Sunday, January 24, 2021

Biaya Masuk SD Swasta di Jakarta Selatan

Assalamualaikum...

Ternyata memilih sekolah untuk anak itu susah-susah gampang ya.. Masing-masing orang tua memiliki pertimbangan sendiri. Ada yang memilih karena jarak, ada yang memilih karena kurikulum dan ada yang karena sudah kenal dengan guru-guru di sekolah tersebut. Tapi biasanya untuk beberapa orangtua (termasuk saya), faktor biaya yang akhirnya akan menentukan pilihan,hehehe... 

Beberapa SD Swasta di Jakarta (saya survey di Jakarta Selatan) mematok biaya yang cukup mahal buat saya, apalagi saya dikalikan 2, lumayan runyam lah, hahaha.. 

Berikut beberapa SD Swasta Islam yang sempat saya survey tahun lalu (biaya sudah saya update untuk PPDB 2021-2022) :


1. SD MUHAMMADIYAH 5 JAKARTA 

Lingkungan sekolahnya buat saya sih ideal banget yah, aksesnya gampang, gedungnya luas. Antara gedung SD, SMP dan SMA itu terpisah jadi tidak crowded. Untuk gedung SD terdiri dari 3 lantai. orangtua yang mengantar hanya sampai lobby, tidak boleh naik. Fasilitas kelas dan toilet bersih. Toilet berada di tengah-tengah jadi cukup aman sih menurut saya. Kalau tidak salah, dalam satu kelas hanya ada 18 siswa, jadi suasana kelas cukup kondusif pada saat KBM. (maaf yah saya tidak punya foto-foto gedung dan ruang kelasnya sewaktu survey tahun lalu). 

Alamat : Jalan Limau III No.3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12130
website : https://ppdb.sdm5jakarta.sch.id/

2.  SD Al AZHAR 4 KEBAYORAN LAMA


Untuk uang pangkal dibedakan antara siswa lulusan TK Al Azhar dan non Al Azhar. sedangkan untuk SPP dan biaya lainnya tidak dibedakan. Iuran Jamiyyah itu seperti iuran komite sekolah gitu, dibayarkan cukup satu kali dalam setahun dan sifatnya wajib. 

Fasilitasnya lengkap. Lapangan luas. Ruang kelas juga luas dan ada proyektor di setiap kelas. Dalam satu kelas ada 28-30 siswa, lumayan banyak sih menurut saya.

Alamat : Jalan Ciputat Raya No.5A, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan
Website : http://sd.alazhar4.sch.id/

3. SDIT AL HIKMAH CILANDAK


Lokasi sekolahnya agak tersembunyi gitu. Kirain lokasinya deket SDIT Al Ikhlas Cipete, ternyata masih agak jauh dari Al Ikhlas dan posisinya agak nyempil. Fasilitas sekolah bagus juga sih. Disana disediakan catering jadi anak-anak ga perlu bawa bekal. Tapi kalau ngga mau catering juga gpp. Tapi karena lokasinya yang jauh dari rumah, kami putuskan ngga jadi lanjut. Oiya, sebelum masuk ada psikotes dulu untuk melihat minat dan bakat anak.

Alamat : Jalan Barkah I No.56a, Cilandak, Jakarta Selatan

Tahun lalu kami hanya sempat survey ketiga sekolah diatas. Kalau dari ketiga sekolah diatas, saya sih prefer SD Muhammadiyah 5. Mudah-mudahan bisa membantu orang tua yang lagi bingung cari info sekolah di sekitar Jakarta Selatan.

Wassalamualaikum

1 comment:

  1. Waalaikumsalam wrwb
    Trmksh info nya ya bun Tika
    Sy jadi lbh mantab memilih SD Muhammadiyah 5..Alhamdulillah
    Wassalam...

    ReplyDelete