Monday, January 9, 2012

Gejala Sinusitis

Add caption
Akhir-akhir ini saya mulai menyadari keadaan tubuh saya yg sering kali diserang penyakit flu. Tidak merasa dingin, tidak ada debu, saya bisa berkali-kali bersin dan diikuti dengan sakit telinga dan pusing kepala. Saya mulai berfikir apakah ini memang penyakit flu biasa atau merupakan penyakit sinusitis? Saya coba cari informasi mengenai gejala-gejala sinusitis, penyebab dan akibat-akibatnya. Berikut ini adalah ringkasan hasil pencarian saya terkait penyakit sinusitis.

Sinus adalah suatu kondisi yang terdiri dari peradangan sinus paranasal, yang mungkin terjadi akibat infeksi dari bakteri, jamur, virus, masalah alergi atau autoimun. Infeksi sinus dapat menyebabkan sakit kepala atau tekanan di mata, hidung, pipi daerah, atau pada satu sisi kepala. Infeksi Sinus juga menghadapi masalah seperti batuk, demam, napas yang buruk dan hidung dengan cairan hidung yang kental. Sinus juga disebabkan karena flu, polusi udara (alergen), kondisi iklim ekstrim, sistem kekebalan tubuh lemah, stres, dehidrasi, merokok berlebihan, cedera tulang hidung dan infeksi gigi.

Infeksi Sinus lebih lanjut diklasifikasikan menjadi akut, sub akut dan kronis, tergantung pada durasi dari kondisi. Siusitis akut (mendadak) berlangsung selama kurang dari 4 minggu, sub-akut selama sekitar 4-6 minggu, dan kronis (jangka panjang) sinusitis biasanya berlangsung selama lebih dari 12 minggu. Tanda-tanda lainnya termasuk cairan hidung kental berwarna kuning atau kehijauan, batuk, demam, napas yang buruk, dan nyeri di rahang atas, kelelahan, sakit tenggorokan, masalah dalam bernapas melalui hidung, kehilangan indera penciuman dan terkadang rasa panas di mata. Pada kasus yang berat, infeksi sinus dapat menyebabkan osteomyelitis, infeksi otak dan meningitis.

Manusia memiliki empat pasang dari setiap rongga ini disebut sebagai :
- Sinus maksilaris di tulang pipi masing-masing.
- Sinus frontal di kedua sisi dahi, di atas mata Anda.
- Ethmoid sinus lebih kecil berada di belakang batang hidung, antara 
   mata Anda.
- Sinus sphenoid antara bagian atas hidung dan belakang mata Anda.

Gejala Sinusitis
- Nyeri dan tekanan di wajah, yang semakin terasa buruk ketika Anda bersandar ke depan.
- Hidung tersumbat dengan lendir hijau atau kuning, yang dapat mengalir di bagian belakang hidung ke tenggorokan dan dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan batuk
- Sakit kepala ketika Anda bangun di pagi hari
- Demam
- Sakit telinga
- Sakit gigi atau nyeri di rahang atas Anda
- Sinusitis frontal dapat menyebabkan rasa sakit tepat di atas alis Anda, dan dahi Anda walaupun disentuh dengan lembut.
- Maxillary sinusitis dapat menyebabkan rahang atas, gigi dan pipi terasa sakit dan sering salah kira dengan sakit gigi.
- Ethmoid sinusitis dapat menyebabkan sakit di sekitar mata dan sisi hidung.
- Sphenoid sinusitis dapat menyebabkan sakit di sekitar mata Anda, di bagian atas kepala Anda. Anda juga mungkin merasa sakit telinga dan sakit leher.

Infeksi Sinus (Sinusitis) pengobatan :

1. Minum minuman panas. Salah satu cara terbaik untuk melancarkan sinus adalah minum teh panas – teh hitam, hijau, herbal atau tanpa kafein, tidak masalah - atau sup ayam panas sepanjang hari. Cukup minum sehingga air seni Anda berubah menjadi berwarna terang. Cairan panas membantu melembabkan selaput lendir Anda, mempercepat pergerakan silia Anda dan dengan demikian membersihkan lendir keluar dari sinus Anda lebih cepat. Jangan minum kopi panas,karena hampir tidak efektif.

2. Terapkan kompres hangat ke wajah Anda. Lakukan ini tiga kali sehari selama lima menit. Sebuah handuk kecil yang direndam dalam air hangat, kemudian ditempatkan di atas wajah Anda di bawah ini dan antara mata, akan membantu meningkatkan sirkulasi di sinus Anda, yang juga akan membantu mempercepat gerakan silia Anda.

3. Airi sinus anda. Selama 3.000 tahun, praktisi yoga telah menjaga sinus mereka tetap sehat melalui praktek mengendus air asin secara cepat saat masuk dan keluar dari hidung mereka dengan tekanan rendah. Perhatian: Jangan coba ini kecuali Anda telah diajarkan bagaimana melakukannya.

4. Membersihkan sinus dengan aromaterapi. Untuk membantu membuka saluran hidung tersumbat dan sinus, teteskan beberapa kayu putih atau minyak mentol ke dalam mangkuk air panas, kemudian hiruplah uapnya.

5. Bersihkan debu dari kamar tidur Anda. Debu dapat menyebabkan malapetaka di selaput lendir Anda, terutama bila Anda sedang tidur dan silia Anda beristirahat.

Untuk dapat mengetauhi dengan pasti, harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter ahli. Mengingat pentingnya menjaga kesehatan, saya harus membiasakan diri untuk menjalankan pola hidup sehat karena sesungguhnya mengobati akan jauh lebih rumit dan lebih mahal daripada mencegah.

-Hugs-

No comments:

Post a Comment